Sabtu, 14 Agustus 2010

MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK CERPEN

MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK CERPEN

Sebuah cerita dibangun oleh dua unsur. Unsur yang pertama adalah unsur yang membangun cerita dari dalam. Unsur ini disebut unsur intrinsik. Unsur kedua adalah unsur yang membangun dari luar yang disebut unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik meliputi:1) tema,adalah gagasan yang menjalin struktur cerita;
2) tokoh dan penokohan
tokoh adalah pelaku di dalam cerita, sedangkan penokohan adalah cara pengarang mengembangkan watak-watak tokoh di dalam cerita.

3)alur adalah jalan cerita. Alur terbagi tiga, yakni alur maju, alur sorot balik (alur mundur), dan alur gabungan (maju mundur). Alur mempunyai beberapa tahapan, yakni perkenalan, penggambaran peristiwa, konflik, puncak konflik atau klimaks, dan penyelesaian

4) latar, merupakan tempat, waktu, dan suasana yang digunakan dalam cerita

5) sudut pandang, merupakan kemampuan penulis dalam menempatkan posisi tokoh. Sudut pandang yang digunakan penulis dengan menggunakan sudut pandang orang pertama dan orang ketiga. Sudut pandang orang pertama dengan menggunakan aku atau saya. Dalam hal ini, pengarang secara langsung menjadi tokoh di dalam cerita itu. sedangkan sudut pandang orang ketiga dengan menggunakan kata ganti orang, seperti "dia/ia/ nama orang."

6) amanat, adalah pesan yang disampaikan penulis di dalam cerita.


Sedangkan unsur ekstrinsik meliputi nilai-nilai, sepertini nilai pendidikan, moral, sosial, budaya, agama, adat istiadat, dan kejiwaan pengarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar