Sabtu, 14 Agustus 2010

MEMPERKENALKAN DIRI DALAM FORUM RESMI

KEGIATAN 1
MEMPERKENALKAN DIRI DALAM FORUM RESMI

Segala aspek kehidupan memiliki aturan main. Demikian pula dengan kegiatan diskusi. Kegiatan diskusi melibatkan banyak pihak, seperti pembicara (panelis) moderator, peserta, dan notulis. Karena itu, dalam diskusi, masing-masing pihak harus dapat menjaga sikap (etika) mereka sehingga tidak menyinggung perasaan orang lain.
Hal pertama yang dilakukan saat menyampaikan pendapat adalah memperkenalka diri. Memperkenalkan diri dalam forum resmi merupakan salah satu bentuk rasa tanggung jawab moral atas pendapat yang disampaikan.
Coba perhatikan kalimat perkenalan di bawah ini!

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Sebelum menyampaikan tanggapan, saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Nama saya Indah Pratiwi, tetapi sering dipanggil Tiwi. Saat ini, saya duduk di kelas X SMA Negeri 109 Jakarta. Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan pendapat sebagai berikut ......


Ucapan terima kasih perlu disampaikan karena tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk menyampaikan pendapat. Jadi, jika kesempatan itu diberikan kepada seseorang, maka tentu orang itu perlu berterima kasih. Untuk menyegarkan suasana, ungkapan-ungkapan seperti "tak kenal maka tak sayang" dapat juga disampaikan.


Hal yang harus diperhatikan pada saat memperkenalkan diri di dalam forum diskusi adalah:
1. kejelasan ucapan (lafal);
2. intonasi;
3. ekspresi.
Semua itu akan mendukung tersampaikannya maksud atau informasi yang akan kalian sampaikan.

Tugas Siswa:
  1. Silahkan satu per satu kalian memperkenalkan diri sendiri atau teman! Anggaplah saat ini Anda sedang berada di forum resmi yang dihadiri oleh beberapa undangan penting dari berbagai daerah.
  2. Ketika salah satu siswa memperkenalkan diri, siswa yang lain menanggapi kalimat perkenalan itu.


KEGIATAN 2
Dalam sebuah diskusi, kamu dituntut untuk aktif berbicara menyampaikan tanggapan, kritik, atau saran. Ketika menyampaikan hal tersebut, kamu perlu memerhatikan sopan santun (etika). Selain penampilan, etika dalam berbicara di dalam forum resmi mencakup pemilihan kata, lafal, intonasi, jeda, dan ekspresi.
Perhatikan format penyampaian tanggapan dalam forum resmi berikut ini.
"Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Nama saya ..... dari ..... Pada kesempatan ini, saya ingin memberikan pendapat tentang makalah yang akan disampaikan ..... (sebutkan nama pemakalah) tentang .....(sebutkan topik makalah)
Menurut saya .... (sampaikan tanggapan beserta alasanmu)

Secara bergantian, sampaikan variasi kalimat tanggapan (misalnya kritik, saran, atau pendapat) tentang trend acara "popularity show", seperti Indonesian Idol, Indonesia Mencari Bakat, Mama Mia, Take Me Out, dan sebagainya yang ditayangkan di televisi.

Dengarkan tanggapan yang disampaikan oleh temanmu. Hal yang perlu kamu tanggapi, misalnya:
- pelafalan kata
- penjedaan kalimat
- intonasi kalimat
- variasi kata yang digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar